Login Pendaftar

INFO PENTING

Pendaftaran KKN Angkatan XXXIII (ke-33) TA. 2020/2021 sudah dibuka mulai 17 Juni s.d 17 Juli 2020, Pantau Pengumuman untuk lebih lengkapnya

Selamat Datang

Selamat Datang di Website Sistem Pendaftaran Kuliah Kerja Nyata Universitas Al Asyariah Mandar

Sambutan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Perguruan Tinggi sebagai sentra pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang akan melahirkan generasi kompetitif, partisipatif dan komunikatif. Perwujudan capaian dari Perguruan Tinggi bergantung pada pengimplementasian fungsi Tridarma Perguruan Tinggi  yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Dalam Proses Pendidikan dan Pengajaran, perguruan tinggi telah melaksanakan amanah tridarma dalam mentranformasikan Ilmu Pengetahuan pada proses perkuliahan. Perguruan Tinggi sebagai gudang kreatifitas dalam melahirkan inovasi yang berkemajuan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, pemerintah daerah maupun pusat harus berangkat dari sebuah penelitian sehingga segala produk Ilmiah yang dilahirkan dapat dipertanggungjawabkan. Pengabdian Masyarakat yang juga merupakan amanah dari Tridarma Perguruan Tinggi merupakan media pengumpulan data hingga Perguruan tinggi dapat menghasilkan produk Ilmiah yang membantu Masyarakat dalam menagatasi setiap problema pada setiap wilayah.

Perwujudan Program Pengabdian Masyarakat tidak hanya dilakukan oleh Dosen, melainkan juga mahasiswa yang berwujud Kuliah Kerja Nyata (KKN) agar peran Mahasiswa dapat memberikan kontribusi Keilmuan sesuai dengan Kebutuhan Masyarakat Berbasis Pembelajaran.

KKN merupakan mata kuliah wajib yang tercantum dalam kurikulum Universitas Al Asyariah Mandar, maka dalam pelaksanaannya terlebih dahulu harus dilakukan kajian secara cermat sebelum menentukan berbagai program yang akan dilaksanakan. Sebagai sebuah Program Pengabdian Masyarakat, KKN lebih menekankan pada pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan partisipatif dan pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan potensi dan tantangan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas kehidupanya, baik secara individu maupun secara kelompok.

KKN sengaja dirancang sebagai salah satu wujud pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat lewat pemberian bantuan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, pendampingan, dan lain-lain untuk menyadarkan potensi yang dimiliki dan membantu meningkatkan kualitas hidup dan pembangunan. KKN merupakan program intrakurikuler yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa program S1. Pelaksanaan KKN bersifat interdisipliner dan sekaligus pengintegrasian antara kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Lewat KKN, mahasiswa dihadapkan secara langsung kepada masyarakat sehingga yang terjadi adalah sifat saling memberi dan menerima antara keduanya. Agar pelaksanaan KKN dapat berjalan dan berhasil sesuai dengan harapan, harus ada kejelasan tugas dan koordinasi dengan semua pihak yang terkait.

Sistem Pendaftaran ini sengaja dirancang agar dapat membantu panitia dan mahasiswa calon peserta KKN, sehingga kiranya dapat membantu dalam hal pendaftaran dan validasi data peserta KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Al Asyariah Mandar.


Direktur LPPM,


BASRI, S.Kom., MT.